Cotton Combed

COTTON COMBED

Benang Cotton ada dua macam :

1.Cotton Combed (cd)

2.Cotton Carded  (cm)

1.Cotton Combed

COMBED dari kata Combing , karena dalam proses pembuatan benangnya ,serat kapas setelah dari mesin Carding  masuk ke mesin Combing.

Di mesin combing inilah terjadi proses penyisiran sehingga serat-serat yang pendek akan terpisah/ menjadi waste , dan yang tertinggal adalah serat-serat yang panjang saja.

Serat yang panjang ketika dipintal menghasilkan benang yang kerataan benangnya lebih bagus, sehingga dihasilkan benang yang lebih halus karena bulu-bulunya tdk terlalu muncul.

Demikian pula setelah di Tenun/ di rajut menjadi kain ,akan dihasilkan kain yang lebih lembut dan bulunya sedikit.

Benang / Kain Combed Harganya lebih mahal karena disamping prosesnya lebih panjang ,juga matrial kapas yang terpakai kurang lebih hanya 60% dan sisanya menjadi waste.

2.Cotton Carded

CARDED dari kata Carding, dimana dalam proses pembuatan benangnya hanya melalu mesin carding saja dan langsung masuk ke proses selanjutnya tanpa melalui mesin Combing,  serat yang panjang dan pendek masih belum terpisah sempurna , sehingga ketika menjadi benang dihasilkan benang yang kerataannya tdk sebagus benang Combed.

Benang Carded Bulunya kelihatan lebih banyak dari benang Combed, dan ketika di tenun/ di rajut menjadi kain penampakan kainnya lebih berbulu , dan harganya pun lebih murah dari kain Combed.

Leave a comment

Filed under Benang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s